Siapa yang tidak mengenal bunga tulip, bunga asal Negeri Kincir Angin yang mempunyai bentuk elok dan ragam paduan warna yang menawan. Sehingga tidak heran bunga ini banyak membuat para wanita jatuh hati padanya.

Tulip dalam bahasa Persia disebut dengan nama Tulipan (lucu ya...huehehehe) yang artinya sorban. Bunga ini berawal dari Kerajaan Ottoman, Turki yang mereka gunakan sebagai simbol. Dan mulai dibudidayakan sejak tahun 1000 (wuih,,,lama bgt). Bunga tulip masuk di Benua Eropa pada tahun 1562 melewati Antwepen, Belgia. Dan pada tahun1593, baru muncul di Belanda. Yang kemudian, Belanda mematenkan bunga tulip sebagai julukan negara mereka. Sehingga sekarang ini, Belanda di sebut juga sebagai Negara Tulip.

Belanda setiap tahunnya mengirimkan bunga Tulip ini untuk ditanam di kota Ottawa, Kanada..sebagai ucapan terima kasih kepada negara Kanada yang telah membebaskan Belanda dari Nazi Jerman.

Ada sekitar seratus jenis tulip yang sering ditanam di kebun diantaranya, Kafmaniana, Fosteriana, Triumph, Darwin Hybrid dan sejenisnya..Perlu diketahui secara jelas bahwa bunga Tulip tidak dapat hidup diwilayah tropis. Sebab tulip memerlukan suhu rendah pada musim dingin.

Tulip dapat ditanam dengan dua cara, yaitu menggunakan umbi dan biji. Dengan menggunakan umbi, diperlukan waktu setahun untuk menghasilkan bunga yang cukup besar..Sedangkan dengan biji, diperlukan waktu 5 - 7 tahun agar dapat berbunga. Bunga yang telah mekar harus dipotong untuk menghasilkan umbi dari tulip.
Jenis - jenis tulip sudah dikenal dari dulu mempunyai suatu motif, warna, dan bentuk yang indahSedangkan jenis baru memberikan aneka warna pada daun bunga. Sentuhan inilah yang menyebabkan bunga tulip menjadi bunga yang sangat indah......