Palangkaraya kota yang berada di pinggiran sungai Kahayan ini merupakan ibu kotanya Kalimantan Tengah. Banyak keindahan yang belum terjamah oleh manusia di kota ini. Dan ini dapat terlihat dari keasrian hutannya yang masih terjaga. Saat ini boleh lah klo kita menyebut kota Palangkaraya sebagai kota yang cukup modern. Karena saat ini kota Palangkaraya sedang melakukan pembenahan diri dalam pembangunannya. Walaupun disebut sebagai kota modern, Palangkaraya masih tetap menjaga kebersihan dan keindahan kotanya.


Kota Palangkaraya mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu kota persinggahan bagi mereka yang senang dengan berpetualang. Untuk menuju kota ini, kita dapat menggunakan transportasi udara maupun darat. Hal pertama yang kita temui saat menginjakkan kaki di Kota Palangkaraya adalah kita akan menjumpai bundaran Burung. Memang, untuk ukurannya bundaran Burung bukanlah bundaran yang cukup besar. Tapi apabila dilihat dari segi keindahannya, bundaran ini memiliki nilai artisitik yang begitu indahnya. Dibundaran ini terlihat ciri khas burung dari kalimantan yaitu Burung Enggang atau Tingang yang kini keberadaannya hampir punah akibat dari pemburuan liar. Walaupun letaknya berada di luar kota (± 6 km dari pusat kota) tapi bundaran ini dapat digunakan sebagai pintu gerbangnya kota Palangkaraya.

Memasuki pusat kotanya, kita akan menjumpai bundaran Besar yang cukup dikenal masyarakat. Kenapa dikatakan sebagai bundaran Besar ? Itu karena ukurannya yang sangat besar. Bundaran besar sendiri dijadikan sebagai landmarknya kota Palangkaraya. Banyak kegiatan yang dapat dijumpai di bundaran ini. Di pagi hari kita bisa melihat banyaknya warga masyarakat kota Palangkaraya yang berolahraga. Apabila menjelang sore hari, di sekitar bundaran ini dijadikan sebagai tongkrongan muda – mudinya anak – anak Palangkaraya. Banyak hal yang dapat dijumpai di sekitar bundaran ini. Dari penjaja jagung bakar sampai warung – warung makan banyak dijumpai di daerah ini.

Selain itu, kita juga akan menjumpai jembatan Kahayan yang dijadikan kebanggaan warga kota Palangkaraya. Jembatan ini menghubungkan beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah. Dari sini, kita bisa melihat keindahan kota Palangkaraya dan hiruk-pikuknya arus transportasi sungai yang ada di Kota Palangkaraya.

Mungkin ini hanyalah sebagian kecil dari keindahan Kota Palangkaraya. Masih banyak hal yang belum diketahui oleh orang lain. Walaupun udaranya agak panas, tapi hal itu tidak menyurutkan hasrat kita untuk berkunjung ke kota ini. Karena kota Palangkaraya merupakan kota kebanggaan warga Kalimantan Tengah.