Mungkin dulu kita dapat berbangga bahwa negara kita di katakan sebagai zamrud khatulistiwa. Tapi apakah sekarang ini kita patut berbangga, setelah melihat banyak kejadian yang terjadi pada negara ini..? Pembakaran hutan sering terjadi setiap tahunnya, pembukaan lahan yang tidak terkendali, dan banyaknya penebangan liar yang di dalangi oleh orang – orang penting yang hanya memikirkan keuntungan bagi diri mereka sendiri.


Apabila ditelusuri lagi, sungguh menyedihkan ketika melihat keadaan hutan sekarang ini. Ekosistem di dalamnya mengalami kepunahan, kebanjiran terjadi di setiap kota, kebakaran hutan yang menyebabkan asap sering kita alami tiap tahunnya. Bahkan yang lebih parah lagi, terjadinya penipisan ozon yang mengakibatkan pemanasan global yang menjadikan suhu tidak menentu.

Sebagai manusia biasa, kita kadang – kadang hanya dapat menyesali apa yang sudah terjadi, tanpa melakukan suatu tindakan. Terkadang juga kita hanya dapat mempersalahkan pemerintah dengan berbagai alasan yang tidak jelas. Padahal pemerintah telah cukup banyak melakukan usaha pencegahan dengan semaksimal mungkin.

Dapat dibayangkan apabila negara kita ini tanpa adanya hutan. Lahan menjadi kering, ekosistem menjadi tidak seimbang bahkan mengalami kepunahan. Apakah kita ingin menjadikan negara kita seperti itu..? Karena itu, marilah bersama – sama dengan pemerintah melakukan tindakan pencegahan yang terorganisir dan melakukan tindakan sebagai satu jiwa satu pohon. Jangan hanya memikirkan keuntungan bagi diri kita sendiri. Tapi pikirkanlah bagi anak cucu kita dimasa depan. Jadikanlah kembali Indonesia sebagai negara zamrud khatulistiwa.