Kalau boleh dibilang, kita sangat bangga dapat hidup dan tinggal di Indonesia. Walau banyak aral merintangnya, Indonesia masih dapat berdiri teguh ditengah peliknya kehidupan dunia ini. Memang, terkadang ada beberapa orang akan menganggap sinis negara tercinta kita ini. Tapi biar bagaimanapun, beginilah negara kita sekarang ini.

Suka ataupun tidak suka, Tuhan telah menakdirkan kita untuk menjadi anak bangsa Indonesia. Sebagai anak bangsa, kita tentunya patut bersyukur atas karunia yang Tuhan berikan. Kita juga perlu menaruh andil dalam memperbaiki kondisi negara ini. Jangan hanya jadi penonton atau hanya mengeluh dan mengkritik saja, tapi kita perlu memikirkan sesuatu hal yang bermanfaat.

Mungkin itu hanyalah segelintir suara kecil dari dalam hati saya. Dan saya juga menyadari kalau saya hanya dapat mengkritik saja. Saya belum dapat memberikan sesuatu hal yang berharga bagi bangsa ini. Kalau dapat dikatakan nich, saya masih bingung dan tidak tahu apa yang harus saya lakukan untuk membangun kembali negara tercinta ini.


Hanya beberapa artikel sajalah yang saya dapat berikan. Sebab semuanya ini berasal dari pengamatan yang telah saya lihat selama ini. Adakalanya sebuah negara berada di dalam kesuksesannya dan adakalanya sebuah negara mengalami kejatuhan seperti yang dialami oleh bangsa kita saat ini.

Karena itu, marilah kita bersama – sama membangun negara ini menjadi lebih baik. Walaupun hanya dari sebuah artikel, tapi itu sudah sangat membantu dan sangat berharga. Sebab, artikel kita adalah artikel dari anak – anak bangsa Indonesia yang berkreatifitas dan berwawasan luas.